Akhlakul Karimah (pidato bahasa indonesia)

السلا م عليكم ورحمة الله وبركا ته

اَلْحَمْدُلله، اَلْحَمْدُ للهِ رَبِّ اْلعَا لَمِيْنْ، وَبِهِ نَسْتَعِينْ وَعَلَئ أُمُورِالدُّنْيَا وَالدِّينْ، وَعَلَئ اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِينْ، اَمَّا بَعْدُ:

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT. Yang telah memberikan kita kenikmatan, kesehatan, sehingga kita bisa berkumpul di tempat yang penuh berokah ini, insya Allah…..
Yang kedua sholawat beserta salam kita haturkan kepada junjungan kita yaitu Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang menderang, dari zaman kebodohan menuju zama seperti yang kita rasakan saat ini.
Berdirinya saya di sini akan berpidato yang berjudul:

Akhlakul Karimah

Hadirin hadirat yang di rahmati Allah:
Akhlakul karimah merupakan suatu modal dalam hidup ini untuk mencapai kemakmuran, kebahagiaan, kerukunan, dan sebagainnya. Dengan akhlakul karimah kita bisa menciptakan kerukun dengan sesama dan kebahagiaan dunia dan akhirat.
Gambaran tentang akhlakul karimah yaitu perbuatan atau tingkah laku yang baik, seperti tolong menolong, saling menghormati dan hal hal lain yang berbentuk baik untuk diri kita dan orang lain.
Berbuat baik kepada sesama merupakan kewajiban bagi setiap manusia, sebagain mana yang di firmankan oleh Allah SWT, dalam al-Quran surat al-baqoroh ayat 83:

وَإِذْاَخَذْنَامِيْثَاقَ بَنِيى اِ سْرَآءِ يْلَ لاَتَعْبُدُوْنَ اِلاَّ اللهِ وَبِااْلوَالِدَيْنِ اِحْسَانًاوَذِى اْلقُرْبَى وَاْليَتَمَى وَاْلمَسَكِيْنَ وَقُوْلُوْالِلنَّاسِ حُسْنًاوَاَقِيْمُو االصَّلَوةَ وَاَتُواالزَّكَوةَ....(البقرة)

Artinya:
"…dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, kepada kaum kerabat, kepada anak yatim dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah perkataan yang baik kepada menusia dan dirikanlah sholad dan berzakatlah…(al-baqoroh 83)"

Perintah ini memewajibkan kita utuk berbuat baik kepada kedua orang tua, wajib berbuat baik kepada sesama, berbuat baik kepada anak yatim dan orang-orang miskin atau orang yang tidak mampu, selain itu kita juga di wajibkan untuk mengucapkan kata-kata yang baik dengan sesama manusia.
Selain memerintahkan sholat dan berzakat ayat tersebut sangat tegas memerintahkan kita untuk selalu berbuat baik dengan sesama manusia.

Hadirin hadirat yang berbahagia…!!
Dari keterangan ayat tersebut sudah Nampak jelas bahwa kenyataan dalam hidup kita harus selalu melakukan yang terbaik baik untuk dirikita sendiri ataupun untuk orang lain, untuk melakukan hal tersebut Nabi Muhammad mencontohkan kepada kita yaitu:

"Bukanlah dari golongan kami orang yang tidak mengasihi dan menyayangi yang lebih muda, tidak menghormati yang lebih tua, dan tidak beramar ma' ruf nahi mungkar." (HR. tirnidzi)

Marilah kita hormati orang yang lebih tua, kita harus berbuat baik kepada mereka, dan yang lebih tua harus menghargai yang lebih muda, jadi yang lebih tua harus berbuat baik juga kepada yang lebih muda, denga melakukan hal ini insya Allah kemakmuran akan selalu tercipta dalam kehidupan kita.

Teman-temanku yang berbahagia..!!
Didalam al-Quran Allah SWT berfirman:
....وَاَحْسِنُواإِنَّ اللهَ يُحِبُّ اْلمُحْسِنِيْنْ...(البقره....)

Artinya:
"…dan berbuat baiklah sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.." (al-baqoroh, 195)

Hadirin hadirat yang beriman..!!
Marilah kita membiasakan diri untuk selalu berbuat baik, tingkatkan ketaqwaan kita dengan selalu berbuat baik, salaing menghormati, saling menghargai, dan menjalankan apa-apa yang telah di perintahkan oleh Allah SWT. Janganlah membenarkan yang biasa tepi kita harus membiasakan yang benar dan baik.

Munkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, mohon maaf bila ada kekuranga
akhirul kalam:
وَبِااللهِ تَوْفِقْ وَاْلهِدَايَهْ ثُمَّ السَّلاَمُ عليكم ورحمة الله وبركا ته

SHARE THIS
Latest
Next Post
31 Juli 2012 pukul 19.42

Terimakasih informasi nya gan, sangat bermanfaat :)
nice post :)

Reply
avatar
4 Agustus 2012 pukul 21.58 Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
7 Desember 2012 pukul 19.20

Terima kasih pidatonya., sangat bermanfaat., ijin Copy ya buat materi anak didik untuk latihan pidato., HHmmm

Reply
avatar
11 Desember 2012 pukul 09.36

Thanks sharingnya, gan!
Salam kenal...Kalau berkenan mau ngundang untuk ikutan gabung dengan teman-teman lain yang sudah SUBMIT URL BLOG-nya ke Direktori Weblog Indonesia :)

Reply
avatar
4 Mei 2014 pukul 01.05

Blogwalking Sob(y) Nyimak deeh :D

Cara Mendapatkan Baclink berkualiast --> http://www.ariiff-rahman.com/2012/11/dalam-seo-search-engine-optimization.html
Cara Menaikan Page Rank --> http://www.ariiff-rahman.com/2012/09/cara-cepat-menaikkan-pagerank-dan.html

Reply
avatar
24 September 2019 pukul 22.18

I think actually this post very knowledgeable .Thank for sharing.
image masking service

Reply
avatar